Blog tentang tips dan cerita bisnis online sukses, pengusaha sukses dan tips terbaru dan terkini mengenai bisnis

Wednesday 4 March 2015

Peluang Bisnis Cacing Tanah Bisa Jadi Jutawan

Cacing tanah atau bahasa asingnya adalah Lumbricum Rubellus merupakan hewan tingkat rendah yang tidak disukai oleh kebanyakan orang. Banyak orang yang merasa jijik ketika melihat geliat dari cacing tanah ini, meskipun menjijikan hewan invertebrata mempunyai daya jual yang bisa dijadikan peluang bisnis. Abdul Aziz Adam Maulida misalnya, beliau adalah seorang sarjana Jurusan Teknik Industri Institut teknologi Sepuluh November (ITS) yang sudah menggeluti bidang bubidaya cacing tanah yang sudah sukses.
 
Peluang Bisnis Cacing Tanah

Untuk memulai bisnis cacing tanah, anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Pak Adam saat itu memulai bisnis cacing tanah hanya bermodalkan Rp 200,000,00 untuk membeli indukan cacing tanah dan kotak kayu berukuran 40 cm x 50 cm. Tetapi jika tidak mempunyai modal untuk membeli indukkan cacing tanah, anda mencarinya sediri di tanah persawahan, sampah yang membusuk, atau kotoran hewan. Dengan cara ini, tentu anda tidak perlu mengeluarkan modal. Untuk wadahnya sendiri, anda bisa memanfaatkan kotak bekas, atau kayu yang bisa anda bentuk kotak dengan membuatnya sendiri.

Tepatnya pada Agustus 2010, Pak Adam mulai membiakkan cacing tanah, beliau hanya belajar secara otodidak dengan membaca buku, kemudian beliau langsung praktik dilapangan. Pak Adam tidak perlu membeli makanan cacing tanah, beliau hanya memanfaatkan limbah rumah tangga maupun limbah pasar yang kemudian di olah sebelum di berikan kepada cacing tanah.

Bapak Cacing

Pak Adam mengaku, ketika dahulu merintis bisnis cacing, beliau belum mempunyai pasar. Hingga akhir 2010, Pak Adam mendapatkan titik terang. Seorang pemilik pemancingan mendatangi peternakannya untuk memesan cacing tanah.

Dulu rumah cacing yang dibinanya hanya memproduksi 5 kilogram cacing perminggu, tetapi sekarang beliau bisa memproduksi hingga 7 ton cacing tanah perbulannya. Omzetnya pun juga meningkat pesat, sehingga Pak Adam mampu mengantongi sekitar 300 juta perbulannya.
 
Peluang Bisnis Cacing Tanah

Pak Adam mengatakan bahwa ia membutuhkan proses yang cukup panjang untuk menemui kesuksesan seperti ini. Setelah beliau memasok cacing untuk beberapa tempat pemancingan di Malang, Pak Adam semakin giat memproduksi cacingnya. Sehingga nama Adam pun semakin dikenal penduduk sehingga beliau disebut-sebut sebagai Bapak Cacing.

Pak Adam menegaskan bahwa peluang budidaya cacing tanah masih sangat terbuka. Pembeli cacing tanah pun sangat beragam, mulai dari pengusaha, perikanan, peternakan unggas, hingga industry kosmetik dan farmasi yang juga memerlukan suplay cacing tanah dalam jumlah yang banyak.

Selain itu, budidaya cacing tanah juga bisa mengembangkan banyak potensi bisnis yang lainnya. Sejauh ini, Pak Adam sudah merintis berbagai usaha yang juga masih berhubungan dengan bisnis utamanya. Contohnya, kebun jahe organic yang beliau kembangkan dengan pupuk dari kotoran cacing tanah (kascing). Beliau juga mempunyai peternakan kambing, ayam, dan empang ikan yang akan mengkonsumsi cacing untuk penggemukan.

Nah, kesimpulan dari ulasan saya diatas adalah untuk memulai usaha cacing tanah anda hanya perlu mengeluarkan modal yang sedikit bahkan anda juga bisa memulainya tanpa modal. Peluang bisnis cacing tanah sampai saat ini masih bagus prospeknya sehingga anda juga bisa menjadi jutawan dengan peluang usaha ini.

Terima kasih karena sudah membaca article Peluang Bisnis Cacing Tanah Bisa Jadi Jutawan, semoga informasi peluang bisnis yang saya sampaikan bisa bermanfaat untuk pembaca blog karya ilmiah mahasiswa STMIK AMIKOM Yogyakarta ini.


Sumber Referensi: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/09/26/103751826/Bisnis.Cacing.Adam.Kantongi.Rp.300.Juta.Sebulan
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Peluang Bisnis Cacing Tanah Bisa Jadi Jutawan

0 comments:

Post a Comment