Blog tentang tips dan cerita bisnis online sukses, pengusaha sukses dan tips terbaru dan terkini mengenai bisnis

Saturday 28 February 2015

Cara Memulai Usaha dengan Menjadi Perantara

Seperti tajuk artikel saya diatas, anda bisa memulai usaha tanpa uang tunai. Anda dapat memulainya dengan menjadi perantara. Menjadi perantara intinya adalah menjual informasi. Informasi merupakan jantung untuk meraih kesuksesan.

Disini saya mengambil contoh dari buku yang ditulis oleh Bapak Prof M. Suyanto (Ketua STMIK AMIKOM Yogyakarta) yang berjudul “11 Rahasia Memulai Usaha Tanpa Uang”. Disini Pak Yanto mengisahkan seseorang yang memulai usahanya bermulai dengan menjadi perantara. Beliau bernama Pak Ali. Pak Ali memulai usahanya ketika kampus STMIK AMIKOM Yogyakarta membeli tanah milik PT.Djarum yang berada di jalan Ring Road Utara Condong Catur, Sleman Yogyakarta.

Luas tanah yang dibeli STMIK AMIKOM Yogyakarta kurang lebih 6.000 meter persegi. Harga setiap meter pada waktu itu Rp 275.000,- sehingga harga keseluruhannya Rp 1.650.000.000,-. Dari transaksi ini Pak Ali mendapat 2,5% dari harga keseluruhan sebagai perantara, maka Pak Ali mendapatkan Rp 41.250.000,-. Dengan harga penjualan yang begitu besar sekali, maka sangat jelas bahwa sebagai perantara merupakan pekerjaan yang sangat menarik. Demikian juga ketika Pak Yanto menjual tanah di daerah Monumen Jogja Kembali seharga Rp 220 juta, sang perantara mendapat Rp 5,5 juta dari Pak Yanto. Cukup lumayan bukan? 
 
Memulai Usaha dengan Menjadi Perantara

Pak Yanto mempunyai kawan yang bernama Pak Bambang yang tinggal di Surabaya. Salah satu pekerjaannya selain mempunyai Biro Hukum, juga menjadi perantara untuk kawan-kawannya. Pak Bambang biasanya menjadi perantara jual beli perusahaan-perusahaan besar. Jika Pak Bambang mengatakan perusahaan itu clear, maka kawannya pun bersedia membeli perusahaan tersebut.

Professional fee yang diterima oleh Pak Bambang bukan lagi dalam ranah jutaan rupiah, melainkan milyaran rupiah. Meskipun kaya, Pak Bambang tetap sederhana, sebagian uangnya beliau gunakan untuk membeli berbagai macam perguruan tinggi dan sekolah, dan diberikan kepada kawan-kawannya yang berkemampuan finansialnya masih jauh dibawah. “Iki sawah paculono, neng ojo pacul-paculan” kata Pak Bambang memberi nasihat kepada kawan-kawannya.

Anda juga dapat menjadi perantara dari berbagai macam produk. Di Harian Kedaulatan Rakyat ( Koran KR) setiap hari selalu mucul iklan-iklan baris yang menawarkan berbagai macam peluang. Mulai dari rumah, tanah, mobil, sepeda motor, handphone, barang elektronik dan berbagai macam lainnya. Anda dapat memanfaatkan semua itu sebagai informasi yang luar biasa. Anda dapat menjadi perantara dari berbagai macam kebutuhan manusia.

Anda sekarang telah menjadi konglomerat baru, karena mempunyai berbagai macam barang dagangan yang tidak terhitung jumlahnya. Itu baru dari satu media selain Harian Kedaulatan Rakyat, masih ada lagi media lain, internet misalnya. Di media ini masih banyak lagi peluang bisnis bagai bintang bertaburan di ruang angkasa. Menjadi perantara merupakan pekerjaan yang sangat menjanjikan, yang menjadikan anda dapat memulai usaha tanpa uang tunai.

Apakah anda sudah cukup terinpirasi dari ulasan ini? Saya hanya bisa mengatakan selamat mencoba dan semoga berhasil. Semua keputusan anda ditangan anda, mungkin anda mempunyai rencana lain untuk memulai usaha. Sekian postingan saya kali ini mengenai Cara Memulai Usaha dengan Menjadi Perantara. Semoga apa yang saya tuliskan disini bisa bermafaat untuk pembaca. 
 

Sumber Referensi : M.Suyanto. 2005. 11 Rahasia Memulai Bisnis Tanpa Uang, Penerbit ANDI Yogyakarta
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memulai Usaha dengan Menjadi Perantara

0 comments:

Post a Comment